Agar Tak Makin Parah, Ini 6 Treatment untuk Redakan Gejala Lupus

Lupus adalah penyakit autoimun yang membuat sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan dan organ dalam tubuh itu sendiri. Penyakit lupus menyebabkan organ dalam tubuh mengalami peradangan, hingga mengalami kerusakan parah. Sejauh ini, belum ada obat untuk menyembuhkan lupus secara total. Beberapa treatment biasa dilakukan, untuk meringankan gejala lupus.

  1. Mengonsumsi Obat yang Bisa Meredakan Efek Penyakit Lupus

Para penderita lupus biasanya akan diresepkan obat-obatan khusus oleh dokter, agar peradangan yang terjadi pada organ tak semakin parah. Beberapa obat yang kerap direkomendasikan pada penderita lupus seperti NSAIDs, obat malaria, kortikosteroid, dan imunosupresan. Tiap obat ini memiliki fungsinya tersendiri, misalnya NSAIDs yang bisa meredakan demam dan nyeri karena lupus.

  1. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Kulit para penderita lupus sangatlah sensitif akan paparan langsung cahaya matahari. Efek yang ditimbulkannya bisa memicu munculnya ruam kemerahan pada kulit. Oleh karena itu, penderita lupus sangat dianjurkan untuk menggunakan sunscreen setiap beraktivitas di luar ruangan. Gunakan sunscreen dengan SPF 70 ke atas, serta bisa melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB.

  1. Hentikan Kebiasaan Merokok

Jika Anda merupakan seorang perokok dan didiagnosa menderita lupus, maka sebaiknya tinggalkan kebiasaan Anda tersebut. Selain memang dikenal mengandung racun bagi tubuh, rokok juga akan semakin memperparah kondisi organ tubuh yang mengalami peradangan karena lupus. Risiko kerusakan pada jantung serta pembuluh darah akan makin meningkat jika merokok tak dihentikan.

  1. Olahraga Rutin Setiap Harinya

Olahraga memang sangat bermanfaat, terutama saat lupus menyerang. Olahraga yang dilakukan secara rutin bisa menurunkan risiko serangan jantung karena lupus, serta membuat tulang makin kuat dan sehat. Tubuh secara keseluruhan pun akan terasa makin segar dan gejala lupus pun mereda. Tak harus olahraga berat, Anda bisa menjalankan olahraga ringan agar kondisi tubuh tetap fit.

  1. Ubah Pola Makan Menjadi Lebih Sehat

Jika selama ini Anda merupakan tipe orang yang suka makan sembarangan, maka beralihlah ke pola makan sehat. Gejala penyakit lupus bisa diredakan dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi. Perbanyak konsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak nutrisi penting untuk tubuh. Jika perlu, konsultasikan dengan dokter mengenai diet terbaik untuk penderita lupus.

  1. Mengonsumsi Suplemen Penambah Kalsium dan Vitamin D

Para penderita lupus berisiko tinggi mengalami pengeroposan tulang atau osteoporosis. Makanya, tak mengherankan jika, penderita lupus sering diresepkan suplemen khusus untuk menambah asupan kalsium dan vitamin D harian mereka. Penderita lupus biasanya diberikan suplemen kalsium tambahan sebanyak 1.200 hingga 1.500 miligram untuk menjaga kesehatan tulangnya.

Itulah tadi 6 treatment yang biasa dilalui oleh penderita lupus, untuk meredakan efek dari gejala lupus. Tanpa treatment, maka efek penyakit lupus akan sangat terasa kentara, misalnya yang berupa nyeri pada sendi atau pun demam tinggi. Secara keseluruhan, treatment ini dapat meningkatkan kualitas hidup para penderita penyakit lupus.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *